Monday, June 11, 2007

Web Blog

Writing a Web Blog

by Azhari


Memiliki situs atau website secara gratisan (domain name + server hosting) saat ini bukan sesuatu yang sulit. Blogger, WordPress, Bravenet adalah beberapa nama yang sudah terkenal di dunia maya ini yang memberikan keleluasaan bagi siapa saja untuk memiliki situs di internet secara gratis, yang biasa disebut sebagai situs BLOG. Yang paling terkenal adalah blogger dari Google dan WordPress.com.


Yang membedakan situs Blog dengan situs yang umum adalah kebebasan untuk melakukan perubahan isi situs tanpa harus meng-offline-kan dan mengupload berulang-ulang. Boleh dibilang situs blog merupakan “Online Journal” atau “Online Diary”, karena kapan saja kita bisa melakukan perubahan / penambahan isi pada situs jenis ini. Inilah yang menjadi daya tarik utama (selain gratis), kenapa situs blog sangat diminati di seluruh dunia saat ini.


Selain itu, sejak diluncurkannya program Adsense oleh Google beberapa tahun yang lalu, kehadiran situs blog (terutama blogger-google) semakin penting. Karena situs ini sekaligus dapat dimanfaatkaan sebagai sarana mendapatkan penghasilan ratusan dollar setiap bulan, yang biasa kita kenal sebagai situs Adsense.


Beberapa contoh situs blog yang saya miliki:

Blogger – Google

http://getmoney.blog.blogspot.com (blog + adsense + affiliates)

http://caribbeantravel-ecom.blogspot.com (blog+adsense+affiliates)

http://hairloss-ecom.blogspot.com (blog + adsense)

http://fashion-epub.blogspot.com (blog + adsense)

http://trainingfordog.blogspot.com (blog + adsense)


Wordpress

http://awetmuda.wordpress.com


Bravenet

http://solusihemat.bravejournal.com


Web blog “getmoney-epub.blogspot.com”, sebuah situs blogs (blogger) yang saya buat dengan mencoba mengoptimalkan beberapa aspek penting seperti layout, background, text colour dan penempatan iklan (adsense ads) atau affiliates program. Tujuannya adalah agar tampilan situs ini lebih professional walaupun beberapa fitur yang ada saya peroleh secara gratisan (free).


Beberapa fitur menarik yang coba saya tampilkan pada situs ini, antara lain:

  1. Templates blog
  2. Banner
  3. Logo
  4. Adsense Google
  5. Templates adsense
  6. Link gambar
  7. Link affiliates program
  8. Tip-tip menarik mengenai traffic exchange dan search engine
  9. Adwords Google

No comments:

Design | Elque 2007